Pemindahan Ibukota Negara Apakah Sekedar Wacana?


Tanggal : 12 April 2018, Kategori : Sorotan Media 269x


Nampaknya wacana pemindahan Ibukota Negara menjadi salah satu perencanaan yang mendapatkan perhatian besar saat ini. Tidak bisa hanya dikatakan sebagai wacana, Pemerintah membentuk Tim Koordinasi Strategi Penyusunan Konsep Pemindahan Ibu Kota Negara yang diketuai staff khusus Menteri PPN yakni Dr. Ir. Imron Bulkin, MRP dan Tim Penyusun Kajian Kesesuaian Lahan pada Alternatif Lokasi Pemindahan Ibukot Negara yang diketuai oleh Kasi Wilayah I, Subdit Penataan Kawasan Baru.

Terdapat 3 provinsi yang menjadi lokasi kajian sebagai alternatif Ibukota Negara, yakni Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, dan Provinsi Kalimantan Selatan.  Beberapa variabel yang dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi antara lain daya dukung dan daya tampung lingkungan, factor bencana, ijin pemanfaatan ruang, aksesibilitas dan sarana-prasarana pendukung awal.

Kemarin bertempat di Hotel Grand Jatra, pada tanggal 11 April 2018 sedang dilakukan FGD (Focus Group Discussion) sebagai bentuk tindak lanjut dari kajian pemilihan lokasi Ibukota Negara. Di buka oleh Direktur Penataan Kawasan, Agus Sutanto, ST., M.Sc, tim memaparkan Hasil kajian awal kesesuaian lahan calon lokasi dari aspek fisik dan lingkungan oleh Direktorat Penataan Kawasan.

Adapun output yang diharapkan dari FGD ini antara lain:

  1. Validasi terhadap data spasial (lingkungan, status, fisik, fungsi, dan infrastruktur) yang telah dikumpulkan sebagai input kajian;
  2. Klarifikasi terhadap data spasial yang tersedia dalam berbagai versi untuk jenis data yang sama;
  3. Melengkapi kebutuhan data spasial;
  4. Konsultasi terhadap kajian awal; dan
  5. Validasi dan identifikasi isu strategis pengembangan kawasan kota baru.